Images

VIRTUAL REALITY (VR)

Virtual Reality (VR)

  

  Assalamu'alaikum...... halo teman-teman! Di postingan ini, saya akan menuliskan Teknologi Terbaru dan Tercanggih yang perlu kita ketahui. 

  Zaman sekarang, teknologi terbaru dan tercanggih sudah semakin mudah untuk kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak manusia membutuhkan sesuatu maka semakin banyak pula teknologi-teknologi yang tercipta. Berbagai wujud teknologi terbaru dan tercanggih seringkali membuat manusia merasa takjub akan teknologi tersebut. Tentunya, teknologi tersebut merupakan hasil pemikiran manusia setelah melalui berbagai proses yang tidak mudah dan memerlukan penelitian ilmiah terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu untuk dapat  menghasilkan teknologi tersebut. Saat ini, banyak ditemui berbagai teknologi terbaru dan tercanggih di dunia yang digunakan oleh manusia. Kali ini saya akan membahas salah satu teknologi yang terbaru dan tercanggih yaitu: Virtual Reality (VR).


 Apa sih Virtual Reality (VR) itu ??

  Virtual Reality atau biasa disingkat (VR) adalah teknologi terbaru dan tercanggih pada dunia virtual yang menghadirkan pengalaman digital secara nyata kepada para penggunanya. 

  Teknologi ini memfasilitasi interaksi dunia virtual yang terasa benar-benar nyata. Pengguna dibawa ke dalam lingkungan virtual yang tidak pernah ada sebelumnya. Ternyata virtual reality ini tidak hanya sekedar melihat layar semata, tetapi bisa berinteraksi secara aktif dengan tampilan gambar tiga dimensi. Panca indera, penglihatan, pendengaran, penciuman hingga sentuhan juga dilibatkan dalam simulasi virtual reality ini.


 Sejarah singkat seputar Virtual Reality (VR) 

  Dalam buku panduan Mahir Pengantar Teknologi Informasi menjelaskan bahwa mulanya, seorang sinematografer bernama Morton Heilig menciptakan simulator sensorama, yang dilengkapi dengan fitur visual, getaran, dan bau pada tahun 1957.

  Kemudian, sistem tampilan yang terhubung dengan gerakan kepala atau dikenal dengan Head-mounted display  yang dikembangkan oleh Ivan Sutherland beberapa tahun setelahnya. Pada tahun 1974, Jim Clark meneliti helm dengan fitur head-mounted display. 


  Perilisan virtual reality secara komersial di dunia maya untuk petama kalinya dikenalkan pada tahun 1989 oleh Jaron Lanier. Istilah virtual reality ini semakin dikenal seiring ditemukannya kacamata Crystal Eyes. Alat ini bisa berinteraksi dengan indera manusia. Lalu, teknologi virtual reality mulai dipakai pada perusahaan penerbangan Boeing untuk pelatihan pilot baru. 

 Cara kerja Virtual Reality (VR)

  Cara Kerja dari Virtual Reality ini ialah dimulai dengan pengguna melihat suatu dunia semu yang sebenarnya merupakan gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer. Kemudian melalui  alat bebentuk seperti kacamata Virtual Reality ini seorang pengguna dapat berinteraksi dengan dunia semu dan mendapatkan umpan balik yang seolah-olah nyata, baik secara fisik maupun fiksi.

 Kekurangan dari Virtual Reality (VR)

  Kekurangan pada Virtual Reality ini ialah bagi penggunanya mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas saat mereka berinteraksi dengan dunia buatan, bukannya dunia nyata dengan orang sungguhan. Akhirnya, virtual reality dapat meningkatkan pengangguran, lebih sedikit orang yang diperlukan untuk merancang proyek-proyek .

 Kelebihan dari Virtual Reality (VR)

  Banyak sekali keuntungan menggunakan virtual reality yaitu:

1. Pekerjaan yang susah dapat di jadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang sesuatu bangunan seperti gedung, hotel dan rancangan denah rumah.

2. Melakukan beberapa latihan yang rumit seperti latihan menerbangkan pesawat bisa kita lakukan dengan stimulator  dan game. 

3. Virtual reality bisa dijadikan pelarian bagi beberapa orang yang sudah penat dengan masalah di dunia realitas , misal seperti Second Life. 



0 Comments: