Images

REVIEW BUKU NOVEL BERJUDUL "SHAF"

 Review Buku Shaf



1. Identitas Buku

Judul : Shaf
Penulis : Ima Madani
Penerbit :
PenerbitGalaxy
Jl. Raya Grogol Rt 06 Rw 01 No.79
Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Kota Depok
Instagram: @penerbitaurora
Tahun terbit : I. Jakarta 2021
Jumlah halaman : 420 halaman
 
2. Mengulas bentuk fisik buku
Kelebihan :
1.) Buku ini tidak ada kelebihan Khusus, tapi memiliki tema yang metropop dan religi.
2.) Kelebihan lainnya yaitu karakter dari shafira. Shafira memiliki kepribadian yang unik dan elegan.
 
Kekurangan :
1.) banyak kesalahan dalam penulisan kata seperti:
·       Kata “thank” di halaman 60, seharusnya penulisannya “thanks”
·       Salah nama afif di halaman 78,seharusnya “Rafif Alfarezel”(nama dalam novel)
·       Kata “lalin” pada halamaan 126 seharusnya “lain”
·       Dan masih banyak lagi kesalahan penulisan lainnya di buku shaf ini
2.) Bagi yang sudah baca di wattpad terlebih dahulu akan merasa kagok (susah) ketika membaca salah satu nama karakter yang bernama “Rafif Alfarezel” karena awal di Wattpadnya adalah “Rafif Abrizam”
3.) Cover kurang masuk dengan cerita dan kurang menggambarkan karakter Shafira yang suka dengan hal-hal minimalis dan estetik
 
3. Isi buku
Novel Shaf mengisahkan tentang seorang gadis bernama Shafira. Suatu ketika, Shafira bertemu dengan seorang pria bernama Athaya Khalil Adnan. Selama ini, Shafira hidup dengan stigma bahwa profesi sekretaris hanya menjalankan tugas sebagai seorang yang akan selalu mengatakan “iya”. Ia hanya akan menuruti segala keinginan atasannya, tanpa memikirkan atau mempertimbangkan apakah hal itu benar atau salah.
 
Konotasi profesi sekretaris selalu negatif. Mungkin, oleh karena pola pikir yang negatif itu, Allah seolah menyadarkan Shafira dengan cara membuatnya terjebak dalam profesi yang sangat ia hindari itu. Ya, Shafira menjadi sekretaris untuk seorang manajer perencanaan. Profesi ini membuat Shafira seolah masuk ke dalam labirin tanpa pintu. Pekerjaan ini tidak memberikannya pilihan lain, kecuali menjalaninya.

Siapa yang tidak menyukai sosok Athaya Khalil Adnan? Lelaki itu memiliki wajah yang tampan, ia juga memiliki kharisma, murah senyum, harta yang berlimpah, dan juga kekuasaan. Seluruh dunia seolah ada dalam genggamannya. Namun, tentunya ia merupakan seorang manusia yang tidak sempurna. Salah satu kekurangannya yang mencolok adalah Athaya adalah sosok playboy yang suka gonta-ganti pasangan seperti ganti pakaian. Bahkan, tidak pantas lagi jika ia disebut sebagai kelas kakap. Sebutan yang lebih tepat untuk mendeskripsikannya adalah playboy kelas dinosaurus.

Menyukai Athaya adalah suatu kesalahan yang sangat besar. Apalagi, terikat pernikahan dan berdiri satu shaf sholat di belakangnya. Itu adalah mimpi buruk bagi Shafira. 
 
Eksentrik, karakter dan kebiasaan Athaya sangat bertolak belakang dengan prinsip-prinsip Islami yang dipegang Shafira. Pria ini justru menyetujui semua yang tidak Shafira lakukan. Bagaimana kelanjutan kisah dua makhluk antitesis itu jika mereka menjalankan takdir yang sama? Dan pada akhirnya, keduanya ternyata dipersatukan oleh takdir.
 
4. Penggunaan bahasa
Ima Madani menuliskan kisah ini dengan sudut pandang orang pertama, sehingga pembaca dapat memahami lebih dalam dan menggambarkan lebih jelas bagaimana kisah yang dialami oleh Shafira.

0 Comments: